Informasi Umum Tentang Vitamin

Category: Health Comments: No comments

Dari mana kata “vitamin” berasal?

Kata-kata <vitamin> berasal dari kata Latin vita (kehidupan) dan istilah biokimia amina (mengandung nitrogen) karena vitamin diperlukan untuk kehidupan dan pada awalnya dianggap amina. Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan manusia dalam jumlah kecil dari makanan.

Apa itu vitamin?

Vitamin adalah zat organik (mengandung karbon) yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang harus dimiliki tubuh manusia dalam jumlah yang sangat kecil. Tanpa vitamin tubuh manusia tidak akan bertahan hidup, vitamin diperlukan untuk pertumbuhan normal, metabolisme (menciptakan energi dalam sel Anda), dan kesehatan. Vitamin dibutuhkan untuk membuat enzim dan hormon, yang merupakan zat penting yang digunakan tubuh manusia untuk membuat semua reaksi kimia yang diperlukan untuk hidup. Sebagian besar dari kita mendapatkan cukup vitamin dari makanan kita, tetapi mungkin perlu bagi beberapa orang untuk mengambil suplemen vitamin, karena kekurangan vitamin yang berkelanjutan akan menyebabkan kesehatan yang buruk, kelemahan, kerentanan terhadap penyakit.

Tubuh membutuhkan setidaknya 13 vitamin berbeda agar berfungsi dengan baik: Vitamin A – Retinol; Vitamin B kompleks (B1 – Tiamin; B2 – Riboflavin; B3 – Niacin; B6 – Pyridoxine; B12 – Cyanocobalamin; B9 – Asam folat; B5 – asam Pantotenat, H – Biotin); Vitamin C – asam askorbat; Vitamin D – Calciferol (dapat diperoleh melalui sinar matahari); Vitamin E – Tokoferol; Vitamin K – Menaquinone.

Ada dua jenis vitamin: larut dalam lemak dan larut dalam air.

Vitamin yang larut dalam lemak

Vitamin A, D, E, dan K larut dalam lemak, larut dalam lemak tetapi bukan air. Setelah vitamin-vitamin ini diserap oleh tubuh, mereka kebanyakan disimpan di jaringan lemak dan di hati. Hati menyediakan jaringan penyimpanan utama untuk vitamin A dan D. Vitamin E disimpan terutama dalam lemak tubuh dan pada tingkat yang lebih rendah di organ reproduksi. Vitamin K relatif sedikit disimpan.

Karena Anda dapat menyimpan vitamin-vitamin ini, Anda tidak harus mendapatkan persediaan vitamin setiap hari. Namun, mengonsumsi lemak atau minyak yang tidak dicerna dapat menyebabkan kekurangan vitamin yang larut dalam lemak. Di sisi lain, terlalu banyak vitamin ini, terutama vitamin A dan D, dapat menyebabkan kadar racun dalam tubuh dan menyebabkan masalah.

Vitamin yang larut dalam air

Vitamin yang larut dalam air – vitamin C dan semua vitamin B – perlu larut dalam air sebelum tubuh Anda bisa menyerapnya. Karena itu, tubuh Anda tidak dapat menyimpan vitamin ini dalam jumlah yang signifikan. Vitamin yang larut dalam air yang tidak digunakan tubuh dikeluarkan oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urin, jadi Anda membutuhkan pasokan vitamin ini setiap hari. Anda tidak dapat benar-benar overdosis pada vitamin yang larut dalam air, kecuali jika Anda mengambil dosis yang sangat besar.

Vitamin yang larut dalam air mudah dihancurkan atau dicuci selama penyimpanan atau persiapan makanan. Penyimpanan dan persiapan makanan yang tepat dapat meminimalkan kehilangan vitamin. Untuk mengurangi kehilangan vitamin, dinginkan produk segar, jauhkan susu dan biji-bijian dari cahaya yang kuat, dan gunakan air rebusan dari sayuran untuk menyiapkan sup.

Bagaimana cara mendapatkan vitamin?

Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda melalui makanan yang Anda makan. Diet harian beragam makanan dapat menyediakan Anda dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan vitamin sebanyak mungkin dari makanan Anda, simpan produk segar dan jauhkan susu dan biji-bijian dari cahaya yang kuat. Vitamin mudah dihancurkan dan dicuci selama persiapan dan penyimpanan makanan.

Ada juga sejumlah faktor lain yang menghabiskan vitamin penting dalam tubuh kita:

    * Merokok – strip 25mg vitamin C untuk setiap batang rokok yang dihisap.
    * Stres – memanfaatkan banyak vitamin B-kompleks dan mineral.
    * Mengonsumsi gula dan produk olahan lainnya – akan menghilangkan kromium, seng, vitamin B3 dan mineral lain dari tubuh.

Terlalu sedikit satu vitamin saja dapat mengganggu keseimbangan tubuh dan menyebabkan kekurangan vitamin. Beberapa kekurangan bisa disembuhkan hanya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin yang Anda butuhkan. Kekurangan lain menyebabkan penyakit dan kondisi yang lebih sulit diobati.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi vitamin juga bisa berbahaya. Hal ini terutama berlaku untuk vitamin A, D, E dan K yang larut dalam lemak: lebih sulit untuk menyingkirkan kelebihan vitamin ini dalam tubuh. Anda tidak boleh mengonsumsi vitamin dan mineral tambahan tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter Anda mungkin juga menyarankan untuk mengonsumsi vitamin atau mineral tambahan jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>